Mahasiswa KKN Unila Desa Adirejo Gelar Perpisahan

  • 10 February 2019
  • Dibaca: Pengunjung
http://adirejojabung-lampungtimur.desa.id/upload/2019/02/Foto_Perpisahan_KKN_Unila_Adirejo.jpg

ADIREJO-JABUNG: Sejumlah 105 mahasiswa Unila yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kecamatan Jabung, Kabupaten Lampung Timur telah menyelesaikan tugas selama 40 hari.

Dari 105 mahasiswa yang terbagi dalam 15 desa di Kecamatan Jabung hari ini akan bertolak menuju kampus Unila, Minggu (10/2/2019).

Demikian halnya dengan tujuh mahasiswa KKN Unila yang berada di Desa Adirejo. Ahlika Jenrio Fadel Ramadhan, Daniel Gramy Pangaribuan, M. Arif Budiman, Wayan Yolanda Putri, Meilia Suryani Juanda, Adilla Kamilia, dan Patricia Fernanda telah menyelesaikan pengabdian di Desa Adirejo selama 40 hari penjadwalan (3/1 – 10/2).

Menurut Koordinator Desa Adirejo Ahlika Jenrio Fadel Ramadhan, ada beberapa target dari program kerja yang telah mereka susun. Beberapa target tersebut di antaranya membebaskan para petani di Desa Adirejo dari ketergantungan penggunaan pupuk subsidi dari pemerintah (pupuk kimia), mengupayakan para petani di Desa Adirejo mampu memproduksi pupuk organik secara mandiri, mengupayakan agar masyarakat Adirejo dapat memahami fungsi beberapa tanaman obat yang telah dikenalkan serta dapat membudidayakannya, membantu Pemerintah Desa Adirejo dalam menyukseskan program Jamban Sehat, dan mengoptimalkan perpustakaan sekolah yang berada di SDN 2 Adirejo.

Mahasiswa KKN Unila tahun 2019 periode I yang lazim disapa Fadel, juga menerangkan bahwa dalam pelaksanaan program kerja tersebut mengalami sedikit kendala, terutama dalam program pelatihan pembuatan pupuk organik yang merupakan program kerja sama antara Mahasiswa KKN, tim Dosen, dan PT. Pomal Tani mandiri. Ia menyebutkan mengalami kesulitan dalam memutuskan waktu yang tepat dalam pelaksanaan pelatihan karena pada bulan-bulan ini para petani sedang sibuk-sibuknya menggarap ladang dan sawah. Namun kendala-kendala tersebut dapat teratasi berkat kerja sama tim.

Beberapa program kerja yang telah disusun oleh tim mahasiswa KKN Unila Desa Adirejo sesuai dengan tema yang diusung pada periode kali ini “Membangun dan Meningkatkan Kemandirian Desa”.

Sebelum bertolak ke Unila, mahasiswa KKN Unila Desa Adirejo meluangkan waktu untuk menggelar acara pepisahan yang bertempat di kediaman Kepala Desa Adirejo Munawir, Jumat malam (8/2/2019).

Dalam acara perpisahan, melalui sambutan Kordes Adirejo Fadel, para mehasiswa KKN Unila Desa Adirejo mengungkapkan rasa terima kasih kepada Pemerintah Desa Adirejo, Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Adirejo Parsomo, serta seluruh pihak yang telah membantu kesuksesan program kerja KKN.

“Semoga Desa Adirejo ke depannya menjadi desa yang mandiri, maju, serta dapat menjadi desa percontohan di wilayah Kecamatan Jabung”, pungkas Fadel.